Sering sekali kita mendengar keluhan pasien terhadap pelayanan Puskesmas. Beberapa diantaranya
adalah sebagai berikut :
adalah sebagai berikut :
- Petugas kurang ramah, kadang membentak dan menyalahkan pasien karena kekurangtahuan pasien terhadap prosedur yang diberlakukan di Puskesmas
- Pelayanan yang lama
- Perlakuan yang berbeda terhadap pasien Jamkesmas / Gratis
- Puskesmas hanya bisa menangani kasus yang ringan saja
- Obat Puskesmas kurang manjur
Keluhan tersebut di atas sebagian terjadi karena Puskesmas merasa dibutuhkan Pasien atau Pasien yang membutuhkan Puskesmas. Tapi apakah benar demikian posisinya..? Apakah Puskesmas tidak membutuhkan Pasien? Tentu saja Puskesmas butuh Pasien, hanya saja hal ini kurang disadari oleh Petugas Puskesmas.
Bila kita datang ke salah satu Bank Swasta dimana saja, maka akan kita dapatkan bentuk pelayanan kepada Klien yang sangat berbeda dengan yang dilakukan di Puskesmas. Keramahan dan kepedulian Petugas, kemudahan dalam prosedur pelayanan dan suasana pelayanan yang nyaman menjadi daya tarik tersendiri. Apabila ditanyakan kepada mereka, apakah Klien mereka tidak membutuhkan mereka..? tentu saja Klien membutuhkan mereka dan mereka juga membutuhkan Klien.
Puskesmas harus segera membenahi pelayanannya. Hal ini sangat penting untuk semakin meningkatkan kepuasan Pasien terhadap pelayanan Puskesmas. Bila tidak segera berbenah, bisa jadi Pasien akan meninggalkan Puskesmas karena Pasien semakin mengerti akan haknya dalam mendapatkan pelayanan yang terbaik.
0 komentar:
Post a Comment